ptaskes.com

ptaskes.com – Francisco Conceicao mengikuti jejak ayahnya, Sergio Conceicao, dengan mencetak gol di Piala Eropa, kali ini membantu Portugal meraih kemenangan dramatis atas Republik Ceko.

Pada pertandingan Grup F Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Leipzig Stadium pada Rabu, 19 Juni 2024 dini hari WIB, Portugal berhasil mengatasi Republik Ceko dengan skor 2-1. Republik Ceko sempat unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh Lucas Provod pada menit ke-62.

Namun, Portugal berhasil menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian melalui gol bunuh diri yang dibuat oleh Robin Hranac. Francisco Conceicao, yang masuk sebagai pemain pengganti, kemudian menjadi pahlawan dengan mencetak gol kemenangan pada menit-menit akhir pertandingan.

Prestasi Francisco ini juga membawanya mengulangi sukses ayahnya, Sergio Conceicao, yang juga mencetak gol di Piala Eropa. Sergio bermain untuk tim nasional Portugal dari tahun 1996 hingga 2003, mencatatkan 56 penampilan dan termasuk mencetak hat-trick dalam pertandingan melawan Jerman pada Piala Eropa 2000, yang berakhir dengan kemenangan 3-0 untuk Portugal.

Francisco, yang belum lahir ketika ayahnya mencetak hat-trick tersebut, kini telah mencetak gol di Piala Eropa 2024 dalam pertandingan ketiganya bersama tim nasional Portugal. Gol tersebut sekaligus menjadi gol pertama untuk negaranya oleh gelandang berusia 21 tahun tersebut.

Roberto Martinez, pelatih Portugal, telah memberikan kepercayaan pada Francisco untuk bergabung dengan skuad Euro 2024, meskipun pengalaman internasionalnya masih terbatas. Kinerja Francisco yang mengesankan di klub FC Porto, di mana ia dilatih oleh ayahnya dan mencatatkan delapan gol serta delapan assist musim lalu, menjadi alasan kuat bagi Martinez untuk membawanya.

Martinez mengungkapkan penghargaannya terhadap Francisco, “Francisco adalah contoh nyata dari hasil kerja keras. Dia layak berada di sini dan telah membuktikan bahwa dia siap untuk membantu tim. Dia telah melakukan apa yang dia lakukan selama empat bulan terakhir di Porto,” menurut sumber dari FOX Sport.